Jumat, 15 September 2017

Tips Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072620.jpg

1.Bagaimana memelihara udang vaname tidak terserang virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan yaitu media air terlebih dahulu. Tebarkan Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dikombinasikan air, lakukan penaburan dengan rata. Tujuannya biar air netral, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan senang berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan tumbuh dengan besar. Lakukan setiap 1 minggu sekali di tabur yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem di dalam tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, lincah dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang wajib, karena untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter hingga panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting pasti ada hal yang salah di dalam tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk meneliti. Kebanyakan Petani di Indonesia pengen hasil instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kulit udang mengeras. Solusinya yakni Taburkan yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu perih kalau terkena luka, rasa perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang stress/teller

dikarenakan banyak penyebab, misalkan adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya adalah jika tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke atas maka solusinya dengan cara taburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka tebarkan kembali yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop 1 liter/hektar secara terus menerus setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress kembali.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih dapat diperbaiki, caranya yakni harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi ada banyak mikroba yang berguna buat tanah dan bisa bertahan sampai 3 bulan lamanya. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke bawah. Lama kelamaan air tadi berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Makanya saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke dalam tambak sebaiknya ditabur pupuk yatop terlebih dahulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan melakukan uji coba kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam kurun waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di berikan Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tak akan bertahan, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Yatop 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan pupuk Yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

Author Profile

About akew

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Tips Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Yatop

Posting Komentar

Back To Top